HALLO BERLIN!

November 07, 2017


Well, It's been a long time I'm not writting a blog. It's time to start over again! (I think!) 😁
I'm going to start with my Berlin city tour. 


Siapa sih yang gak tahu soal Berlin. YUP! Ibu kota dari Jerman. Kamu juga seenggaknya pernah mendengar tentang kota ini kan?. Sebenernya ini bukan pengalaman pertama saya di Berlin, ini kesekian kalinya saya jalan-jalan dan liburan di kota keren ini. Entah kenapa Jerman ini selalu ngangenin buat saya. Dan Berlin merupakan salah satu kota favorite saya setelah Heidelberg, Jerman. (I will post about Heidelberg soon!) 😋 . Di blog kali ini saya bakalan kasih tips atau masukan tentang kemana dan ngapain aja di Berlin kalau kamu adalah backpacker atau solo traveler seperti saya. My first impression tentang Jerman ini adalah BERSIH dan TERATUR BANGET!. SALUT! ( Jadi kamu kalau disini jangan buang sampah sembarangan ya!). 😇

Photo Brandenburger Tor. ( Brandenburg Gate).

For your information nih, Buat kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Berlin, kamu bisa ikutan FREE WALKING CITY TOUR. Meeting point nya di Starbucks yang berada di Brandenburger Tor (Brandenburg gate). Free tour ini diadakan hampir setiap hari. Mulai dari jam 10:00 sampe jam 16:00 waktu Jerman. Dan Tour ini juga ada yang Berbahasa Inggris, Jadi kamu gak perlu khawatir kalau gak bisa bahasa Jerman. Tour yang saya ikuti kali ini di mulai dari Brandenburger TorGerbang Brandenburg (bahasa Jerman: Brandenburger Tor) merupakan bekas gerbang kota dan salah satu simbol utama Berlin, Jerman. Terletak antara Pariser Platz dan Platz des 18. März dan merupakan satu-satunya gerbang yang tersisa yang sebelumnya pintu masuk ke Berlin. Makanya banyak yang bilang kalau kamu ke Berlin dan gak kesini, berarti kamu belom ke Berlin. 😎


Kebetulan saya dateng pas jadwal pertama. Jadi cuaca lagi bagus-bagusnya.  Anyway, kamu juga bisa booking online free tour ini lewat link ini NEWEUROPE TOUR. Setelah itu, kita berlanjut jalan ke HOLOCAUST MEMROIAL BERLIN. Tempat ini merupakan dedikasi Berlin untuk para korban Nazi. Saya rasa hampir semua orang tau sejarah tentang Nazi. Begitupun saya, dari baca-baca dan dengar-dengar dari cerita orang atau bahkan cerita dari sekolah tentang nazi. Saya rasa saya tidak perlu mebahas lebih jauh lagi soal Nazi ini. Sekarang ini semua informasi tentang apapun lengkap berada di google. Kamu tinggal search aja sendiri. Bukan nya gak mau cerita, cuman nanti kepanjangan cerita blog nya. Let me just focus on telling you about what to do and where to go when you are in Berlin. Setuju? 😁 

HOLOCAUST MEMORIAL BERLIN ini merupakan tempat favorite saya di Berlin, selain gratis dan terbuka untuk umum. Tempat ini cukup tenang (buat saya) untuk menghabiskan waktu atau cuman sekedar baca buku dan menikmati suasana Berlin di sore hari. Selama di Berlin, Hampir setiap hari saya berkunjung kesini.


Photo di Holocaust Memorial, Berlin.


Karena ini merupakan Free tour, jadi semua tempat yang di datangi dan lewati merupakan tempat atau landmark Berlin yang memang gratis dan terbuka untuk umum. Setelah dari Holocaust Memorial Berlin ini. Kita mulai berjalan menuju tempat yang merupakan bunker rahasia Hitler, yang konon berada di bawah salah satu bangunan atau apartemen di dekat Holocaust ini. Sayang sekali saya lupa untuk mengambil photo disini. Soalnya fokus sama penjelasan tour guide nya. LOL 😅

Setelah itu, berlanjut jalan ke berbagai tempat bersejarah lain nya. Diantaranya beberapa monumen dan juga reruntuhan tembok Berlin. Tembok Berlin (bahasa Jerman: Berliner Mauer) adalah sebuah tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur serta daerah Jerman Timur lainnya sehingga membuat Berlin Barat sebuah enklave.

Kemudian berlanjut ke Charlie Checkpoint atau yang biasa di sebut "CHECKPOINT C". Berdasarkan wikipedia, Checkpoint Charlie (atau "Checkpoint C") adalah nama yang diberikan oleh Sekutu Barat untuk titik penyeberangan antara Berlin Timur dan Berlin Barat di masa Perang Dingin. Pemimpin Jerman Timur, Walter Ulbricht memohon pada pemimpin Uni Soviet untuk membangun Tembok Berlin tahun 1961 untuk menghentikan emigrasi Blok Timur ke barat melewati sistem perbatasan Soviet, mencegah pelarian diri melewati batas sektor kota dari Berlin Timur ke Berlin Barat. Checkpoint Charlie menjadi simbol Perang Dingin, menggambarkan pemisahan Timur dan Barat. Tank Soviet dan Amerika pernah berhadapan di lokasi ini pada Krisis Berlin 1961.



Photo di Checkpoint C. Kalo kalian nemu photo diatas di Berlin. Berarti kalian ada di Checkpoint C.

My Bad, karena keburu lapar dan mungkin gak terbiasa jalan jauh. Akhirnya saya cuman ikutan tour gratis ini cuman sampe disini. Setalah itu saya makan di salah satu cafe di dekat Checkpoint C ini. Jadi city tour hari ini berakhir.


Keesokan harinya, saya memutuskan untuk mengelilingi Berlin lewat air. AIR? bagaimana? LOL 😁 
TENTU BISA!. Sebagaimana kita tau, kalo negara-negara di Eropa ini memiliki sistem perairan ditengah kota yang sangat tertata. Seperti di Berlin ini. Kali ini saya ikutan BERLIN BOAT TOUR. Saya kurang begitu tau schedule Berlin Boat Tour ini. Soalnya saya dapet info soal boat tour ini dari staff hotel di tempat saya menginap. Satu-satunya info yang saya bisa bagikan adalah tempat dimana kita menunggu dan membeli tiket untuk tour ini. Ticket-ing nya ada di Jembatan di jalan Friedrichstraße. Tour ini mulai dan berakhir di tempat kita naik boat. Harga ticket per-orang nya itu mulai dari 17 euro.Tapi tour ini ada beberapa macam. Mulai dari setengah kota berlin dan juga tour jam-jaman. By the way, boat tour yang saya gunakan adalah "STERN UND KREIS Berlin Boat Tour". Tour ini juga disertai dengan penjelasan tentang tempat-tempat yang kita lewati. Saking banyak nya tempat yang di lewati. Saya bingung mau bercerita apa. Yang pasti saya upload beberapa photo dari tempat yang dilewati dan saya sukai atau menarik perhatian saya.



 Check them out! 😎😍




Nah, diatas tadi adalah sebagian photo tempat-tempat yang di lalui ketika saya ikut Berlin Boat Tour. Sebenernya masih banyak lagi tempat yang bagus. Cuman kalo di upload semua nanti kebanyakan. Nanti saya upload lagi di blog yang lain ya. BERLIN part 2. haha 😁

Kurang lebih 1 jam saya berkeliling Berlin menggunakan moda transport air. Kemudian setelah itu, saya berkunjung ke tempat lain yang merupakan landmark terkenal di Berlin. YES! tak lain dan tak bukan Alexanderplatz Tower Berlin. Akses kesini dari tempat pemberhentian boat trip tadi hanya tinggal berjalan kaki (walaupun lumayan jauh). Saking tingginya tower ini, kalian bisa lihat hampir dari seluruh penjuru Berlin. Jadi tinggal mengikuti jalan. Banyak orang bilang juga, kalau kamu berkunjung ke Berlin dan gak kesini. Berarti kamu belom ke Berlin. Ini bener-bener salah satu "a must visit" place in Berlin!. Dannnnn... Buat berkunjung kesini pun gak susah kok. Kalian bisa menggunakan moda transport yang ada disana. Tinggal turun di Berlin Alexanderplatz Bahnhof. Pokonya gampang banget!!! 😎😎

Photo di Alexanderplatz Tower.


Yang pasti, Banyak banget tempat yang bisa kalian explore di Berlin. Baik suasana dan tata kota-nya menurut saya sebagai "tourist", Berlin ini sangat recommended dan tourist frendly buat jadi salah satu destinasi wisata buat solo traveler atau keluarga. Selama saya di Berlin, saya sangat merasa aman dan nyaman. Entah itu keluar siang atau malam. Dan orang-orang nya pun ramah-ramah dan informatif. Jadi kalau kamu menanyakan arah dan jalan, kita bakalan gampang banget dapat jawaban yang membantu (menurut pendapat saya pribadi). Selain tempat-tempat yang saya kunjungi dan cerita-in di atas tadi. Ada beberapa tempat lagi yang menurut saya bisa kalian datangi. Misalnya SONY CENTER di Potsdamer platz, kastil-kastil di Berlin (contohnya Charlottenburg Castle), dan juga beberapa shopping mall (contohnya KADEWE).



Photo di sebrang SONY Center, Potsdamer Platz.


LAST BUT NOT LEAST, TIPS bagaimana mencari tiket penerbangan dan hotel yang murah? Berhubung saya lebih suka jalan-jalan sendiri, saya biasanya mencari tiket dan hotel-pun sendiri. Selain waktu jalan-jalan yang flexible, jadi solo traveler juga lebih murah dan irit. Dan yang lebih penting adalah bisa menikmati banyak waktu di tempat favorite saya.

Untuk membeli tiket dan mencari hotel, saya biasanya cari sendiri lewat Traveloka. Kenapa? Karena lebih efisien. Nah di Traveloka, kamu bisa cari paket pesawat + hotel sekaligus. Jadi gak bingung lagi untuk mencocokan dan booking jadwal terbang dan check in hotel. Kita tinggal masukan Jadwal terbang dan check in hotel sekali saja. GAMPANG KAN? Bukan hanya itu saja, Traveloka juga memberikan banyak pilihan, mulai dari harga terendah sampai tertinggi. Jadi buat kamu yang on budget banget. Kamu bisa mencari paket mulai dari harga terendah. (saya juga biasanya begitu!) 😁 . Dan jangan khawatir, beli paket pesawat + hotel di Traveloka ini pasti aman. Soalnya sudah beberapa kali liburan, saya selalu beli produk/paket ini lewat Traveloka. Baik liburan di dalam maupun luar negeri. Pokonya pasti Hemat lebih ketika kamu memesan produk paket pesawat + hotel. Dan kamu pun jadi bisa liburan kemana pun kamu mau. Ayo rencanakan liburan kamu dari sekarang. 



*********



FUN FACTS tentang Berlin :
(Here are some points in my oppinion which are interesting about Berlin.)


1. The Ampelmännchen (Bahasa Jerman), atau ‘THE LITTLE TRAFFIC LIGHT MAN!.

Traffic Light ( Lampu Lalulintas) di Berlin ini sangat iconic. Dan ini sudah jadi "Culutural Icon" Berlin. Kalian bisa jumpai semua traffic light yang kece ini hampir di seluruh jalan dan pedestrian di kota keren ini. Icon lampu penyebrangan ini di sebut "Little Traffic Light Man". Lampu merah menyala berarti jangan menyebrang / Jangan jalan dan Hijau untuk penanda boleh menyebrang / Jalan. Yang bikin traffic light ini unik adalah bentuk/motif lampu nya. Dan katanya sih ini cuman ada di Berlin. Nih liat deh photo nya yang saya ambil.



2. BERUANG di BERLIN.

Hampir dimana-mana saya menjumpai patung-patung Beruang. Saya pikir itu cuman pajangan biasa aja. Tapi setelah saya perhatikan, beruang-beruang di Berlin ini hampir saya temui dengan berbagai bentuk dan media. Seperti gantungan kunci, Oleh-oleh Berlin, Permen bahkan Coklat. Ternyata setelah saya google, Beruang adalah simbol heraldik kota ini. Asal-usulnya tidak begitu jelas. Mungkin ada hubungan dengan Margrave Albrecht "si Beruang", pendiri Margraviate of Brandenburg, mungkin ada kaitannya dengan nama kota. Bagaimanapun, beruang ada dimana-mana di Berlin. Hewan ini biasanya diumpamakan sebagai simpati, sehingga beruang sangat cocok untuk digunakan dalam pemasaran kota dan untuk souvenir.






Naaaahhhhhhhh... Itu tadi barusan Tips liburan di Berlin menurut pengalaman saya. Sebenernya masih banyak lagi yang pengen saya ulas, bahas dan cerita-in. Tapi biar kamu gak bosen bacanya, saya bakalan bikin tulisan di blog berikutnya. Mudah-mudahan tulisan saya kali ini bisa ngasih ide untuk kamu harus kemana dan ngapain di Berlin. Lebih kurang nya saya mohon maaf. Kalo ada masukan atau pertanyaan, silahkan komen di bawah ya. Insya Allah nanti di bales satu-satu. 







PS : All pictures are taken by me. If you wanna use one of my pictures on this blog. Kindly please Notifies me first. DANKEEEEEEE.. ❤ 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

pratamaputrada