Serasa di Eropa, Padahal di China

November 06, 2017

photo dari sebrang Shamian Island.
Siapa sangka, China punya satu tempat dengan panorama sangat mirip Eropa. Tempat ini berlokasi di Guangzhou tepatnya Shamian Island.

Kali ini saya berkunjung ke Shamian Island alias Pulau Samian yang berada di Guangzhou, China. Dari segi sejarah, keberadaan pulau ini sangat signifikan dari masa ke masa. Dari masa Dinasti Song dan Dinasti Qing, Shamian Island menjadi pelabuhan penting untuk perdagangan luar negeri.
Pulau ini menjadi titik strategis untuk pertahanan kota selama Perang Opium kedua (1856-1860). 1859, wilayah ini dibagi menjadi dua konsesi, diberikan ke Prancis dan Inggris (yang 4/5 pergi ke Inggris dan 1/5 untuk Perancis). Tak heran pulau ini dipenuhi bangunan berarsitektur Eropa.
photo dari jembatan menuju Shamian Island.


Berkeliling Shamian Island, traveler akan disuguhi sensasi berbeda. Sangat Eropa, namun detail-detail China masih ada seperti nama jalan dan nomor rumah yang berbahasa Mandarin.
Pulau ini didominasi jalur pedestrian, sangat menyenangkan untuk berjalan kaki. Anda tidak akan terganggu oleh lalu-lalang kendaraan bermotor.


Pinggiran jalannya ditumbuhi pohon rindang sehingga suasananya asri dan sejuk. Info yang saya dapat, luasnya tak sampai 1 Km persegi tepatnya 900 m x 300 m.
Asyiknya lagi, kalian tak perlu mengeluarkan uang untuk jalan-jalan di sini. Shamian Island bisa dimasuki secara gratis. Paling mudah mendatangi Shamian Island naik Metro dan turun di Stasiun Huangsha.


Bahasa gw baku banget kayanya ya? Maklum, baru mulai nulis lagi. LOL :D

NARSIS dikit sebelum balik. :D

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

pratamaputrada